• +62 821 19431422,

SELAMAT DATANG DI OFFICIAL WEBSITE DEPO MATRIAL SUMEDANG

Mengenal Bata Ringan / Hebel Lebih Jauh

Mengenal Bata Ringan / Hebel Lebih Jauh

Pada saat ini banyak orang melirik hebel atau bata ringan sebagai alternatif bahan kontruksi untuk dinding khususnya apabila ingin membangunan rumah lebih dari satu lantai atau apartemen karena dengan menggunakan hebel beratnya lebih ringan sehingga dapat mengurangi beban pada struktur penopang bangunan, lebih ekonomis, dan lebih cepat dalam pemasangan.

 

 

Istilah hebel atau bata ringan asalnya dari AAC (Autoclave Aerated Concrete) dan CLC (Cellular Lightweight Concrete) yang seharusnya diterjemahkan menjadi beton ringan. Namun di masyarakat sudah terlanjur mengenal bahan pembuat dinding sebagai bata sehingga muncullah istilah bata ringan.

Adapun ukuran dan banyaknya per m3 yang ada dipasaran adalah sebagai berikut:

  • Ukuran 60X10X20 = 83. pcs/m3.
  • Ukuran 60X7,5X20= 111 pcs/m3.
  • Berat/m3 (density) = 700-800kg/m3.

Agar lebih jelas tentang hebel ini, sebaiknya kita mengetahui juga bahan dasar apa yang digunakan untuk membuat hebel ini. Bahan dasarnya terdiri dari semen, fly ash (abu batubara/tebu), kapur, pasir, air dan tambahan busa kimia dari pasta alumunium agar dapat mengembang. Ketika hebel ini di cetak, presisi ukurannya lebih baik dibanding batako atau bata merah. Usia hebel untuk bisa dipasarkan harus yang lebih dari 20 hari dari awal hebel tersebut dicetak, hal ini dikarenakan agar proses perawatan dan pengeringan dapat menjadi lebih sempurna dan mendapatkan qualitas yang baik.

Warna hebel yang ada dipasaran ada yang berwarna putih dan sedikit keabu abuan, hal ini di sebabkan oleh bahan dasar pasir yang ditambahkan. Bata ringan yang berwarna putih menggunakan bahan dasar pasir silika yang berwarna putih, sedangkan bata ringan yang berwarna abu-abu menggunakan pasir biasa. Secara perbandingan kekuatan, tidak terlalu jauh berbeda untuk keduanya.

Sumber: Dikompilasikan oleh Depo Matrial dari berbagai sumber online.

Depo Matrial Tanjungsari (15 November 2020).

 

©2016 Depo Matrial All right reserved   Developed by javwebnet