• +62 821 19431422,

SELAMAT DATANG DI OFFICIAL WEBSITE DEPO MATRIAL SUMEDANG

Lima (5) Tips Memilih Warna Cat yang Cocok Bagi Rumah Anda

Lima (5) Tips Memilih Warna Cat yang Cocok Bagi Rumah Anda

Ketika anda akan memilih warna cat apa yang cocok dengan rumah anda, bayangkanlah bahwa tembok di rumah anda tersebut diibaratkan sebagai sebuah kanvas gambar. Background warna pada tembok akan membangun suhu, kedalaman warna, mood, dan atmosfir warna yang akan dipancarkannya.

Dengan kata lain, memilih warna tembok yang benar dan tepat akan membuat orang yang melihatnya terpesona. Ribuan cat tersedia di toko bangunan dan dengan banyaknya pilihan akan membingungkan anda, namun Depo Matrial akan mencoba memberikan tips bagaimana cara memilih warna cat yang cocok dengan rumah anda.

1. Perhitungkan pencahayaan dan skala bidang

Ternyata menurut ahli warna design interior, tidak semua warna dapat terlihat cantik di permukaan dinding yang luas, mereka memperkenalkan istilah warna arsitektur, dimana pemilik rumah harus mempertimbangkan skala bidang pada saat akan memilih warna. Bagaimana cara mengatasinya? Pilih warna “undertone” atau “warna dengan nada yang lembut”, maksudnya? Baik, ketika anda berada di ruangan dengan permukaan dinding yang luas, maka warna undertone ini bukanlah sebagai warna utama ketika anda melihat bidang tersebut, tapi warna ini akan memberikan efek yang catik ketika berpadu dengan pencahayaan alami. Sebagai contoh, ruangan yang menghadap ke utara akan mendapatkan kualitas warna yang berbeda daripada ruangan yang menghadap ke selatan dan akan mempengaruhi setiap warna yang ada pada ruangan tersebut.

Katakanlah ketika anda menginginkan warna lavender kehitaman, namun ketika anda poleskan pada ke empat bidang, ternyata warna biru yang lembut telah mengambil alih warna asal. Namun sekarang, anda poleskan pada kamar yang menghadap utara, lavender tersebut tampak menjadi ungu.

Untuk menghindari kekecewaan diakhir proses, para ahli warna design interior memberikan saran agar anda memoleskan cat pada satu board yang besarnya cukup atau pada sebagian permukaan dinding. Dengan cara ini anda bisa melihat kualitas warna yang anda inginkan pada setiap bidang sebelum dilakukan pengecatan keseluruhan. Ketika anda memilih warna dari katalog atau titik warna yang ada diatas tutup kaleng biasanya agak sulit untuk menentukan tone dari warna tersebut.

Bagaimana dengan warna putih? warna putih adalah warna yang popular, apabila anda menginginkan cat warna putih, dari perspektif desain sangat baik.

2. Penyelerasan warna

Coba anda amati, kursi sofa dengan warna hijau cerah di ruang keluarga pada gambar dibawah dengan dinding berwarna abu-abu tua, jendela yang dibangun dari lantai sampai langit-langit, ketika anda melihat melalui jendela seperti berada diatas sebuah danau. 

Sumber: Gretchen Schauffler

Warna yang selaras bisa menghubungkan segala sesuatunya menjadi tampak indah secara bersamaan dalam suatu ruangan. Anda perlu melakukan pengkajian awal terhadap tone warna ubin, kayu, mebel, warna kulit sofa dan berbagai aksesoris yang ada di suatu ruangan.

Sebagai contoh apabila seseorang diundang ke rumah temannya, ketika masuk ke ruang dapur, ia mungkin tidak mempertimbangkan fakta bahwa dapur tersebut telah memiliki 70% warna jingga, mengapa? Karena ruangan tersebut sudah memiliki lantai, kabinet dan kitchen set dari kayu yang berwarna jingga sehingga jika pemilik rumah mengecat dindingnya dengan warna kuning, maka orang yang melihat ruangan tersebut seolah-olah sedang tenggelam dalam gelas yang berisi bir.

3. Biarkan warna dinding menjadi background

Untuk ruang keluarga, para ahli warna merekomendasikan untuk membiarkan warna dinding menjadi pemain pendukung pada seluruh skema, membiarkan warna cerah ada di depan dan menarik perhatian. Warna latar belakang akan benar-benar memungkinkan anda untuk melihat latar depan.

4. Pilih warna aksen yang serius

Warna aksen yang dipoleskan pada lis-an, kayu, dan langit-langit memiliki dampak yang besar. Mereka dapat membuat fitur arsitektur yang menonjol, kontras atau berlekuk. Warna kontras juga dapat memberikan efek estetika yang berbeda. Misalnya, pasangan warna dinding berwarna denim dengan lis berwarna putih akan terlihat sangat tradisional, sebagai lawan pasangannya, warna denim yang sama dipadukan dengan warna lis hijau-abu-abu terang agar mendapatkan efek yang jarang atau terlihat aneh.

 

Nah, seringkali langit-langit terlupakan, namun hanya dengan memilih warna putih yang hangat dapat membuat ruangan berpenampilan sangat berbeda.

5. Cek suhu warna

Suhu dari warna yang anda pilih akan mempengaruhi anda. Untuk mendapatkan suasana yang penuh kenyamanan, pilihlah warna yang tampak lebih dingin seperti biru dan hijau yang membuat seseorang merasa tenang dan penuh kedamaian. Warna-warna ini cocok untuk kamar tidur. Sedangkan warna yang hangat dan energetik seperti warna kuning, merah dan jingga sangat baik untuk ruang makan atau dapur dimana orang-orang duduk mengitari meja dan saling berbagi cerita atau acara masak dan makan bersama. 

Depo Matrial Tanjungsari Sumedang (5 Oktober 2020)

Source: dari berbagai sumber online,

©2016 Depo Matrial All right reserved   Developed by javwebnet