• +62 821 19431422,
  • depomatrial2013@gmail.com

SELAMAT DATANG DI OFFICIAL WEBSITE DEPO MATRIAL SUMEDANG

Delapan (8) Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi

Delapan (8) Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi

Siapa yang tidak senang kalau rumah anda terlihat bersih dan rapi, selain sangat baik bagi kesehatan juga akan membuat rumah tersebut lebih terawat. Oleh sebagian orang, pekerjaan rutin dirumah dianggap sebagai beban atau sebagai pekerjaan yang membosankan, terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu luang dan lain sebagainya. Cucian menumpuk, piring kotor berceceran, serangga di setiap sudut rumah, debu pada furniture, lemari, lantai dll. Namun hal ini seharusnya tidak perlu terjadi apabila kebiasaan hidup sehat ditanamkan pada setiap individu keluarga. Depo Matrial Tanjungsari mendapatkan 8 tips untuk menjaga rumah tetap bersih dan rapi, bagaimana caranya? baik, simaklah tip-tip nya dibawah ini:

 1.     Bereskan tempat tidur langsung setelah bangun tidur

Sebagian orang berpikir membereskan tempat tidur hanya buang-buang waktu saja. Sebenarnya hanya sebentar saja lo... tetapi ya itu…malasnya minta ampun. Jika pasangan anda bangun bersamaan, itu akan lebih mudah lagi, yang satu mandi dan satunya lagi membereskan tempat tidur. Untuk lebih memudahkan, buatlah tempat tidur anda sesimpel mungkin. Kalau ruangan tidak terlalu dingin tidak perlu menyimpan selimut yang tebal, kalau hanya cukup dengan dua bantal tidak perlu menyimpan 4 bantal. Jika senang menggunakan bed cover, ini bisa disiasati untuk menutupi sprai dan ujung-ujungnya tidak perlu dilipat kebawah tempat tidur.

 2.     Cucilah pakaian setiap hari

Berapa banyak cucian anda per minggu? bisa jadi anda tidak perlu melakukannya tiap hari, namun mencucinya setiap hari adalah yang terbaik. Kebiasaan mencuci ini harus dibiasakan khususnya di pagi hari sebelum matahari meninggi atau sebelum berangkat bekerja. Untuk yang bekerja diluar rumah dan tidak memiliki kesempatan mencuci di pagi hari, bisa merendam pakaian kotor terlebih dahulu lalu dibilas setelah pulang kerja. Mencuci bisa secara manual dengan tangan ataupun dengan mesin cuci. Sekarang hampir tidap rumah memiliki mesin cuci, anda tinggal masukan pakaian kotor di mesin cuci plus detergen lalu set up timer dan biarkan mesin cuci yang bekerja. Mencuci pakaian setiap hari ini sebaiknya menjadi kebiasaan dan untuk waktunya terserah anda bagaimana mengaturnya.

3.     Berbahagialah dengan mindset “Cukup Bersih”.

Apa artinya? Bagi seorang yang perfeksionis pasti akan sulit menerimanya, mengapa harus “cukup bersih”? kenapa tidak “sangat bersih?”  Secara umum rumah anda dikatakan cukup bersih dan rapi dikarenakan anda tidak akan bisa melakukannya dengan sempurna. Cobalah terapkan aturan 80/20 yang artinya 80% anda berbahagia dengan hasil yang dilakukan dan tunda 20% sebagai pekerjaan yang lebih detail pada waktu tertentu. Kita bisa katakan bahwa 80% adalah general cleaning yang dilakukan tiap hari sedangkan 20% lagi sebagai deep cleaning yang dilakukan seminggu sekali ketika anda  libur atau memiliki waktu luang.

4.     Prioritas

Tidak semua area di rumah harus dibersihkan secara equal. Sebaiknya dibuatkan list apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda sehari atau dua hari kemudian. Mengingat waktu yang tersedia itu terbatas, maka tuliskan secara realistik 2 atau 3 yang paling penting dan anda harus memiliki komitmen untuk melakukan itu sebelum melakukan pekerjaan yang lainnya.

5.     Libatkan semua anggota keluarga

Melibatkan anggota keluarga untuk menjaga kebersihan sangat membantu meringankan pekerjaan rutin ini. Mulai dengan melatih anak anak untuk menyimpan cucian kotor ke tempatnya, menyimpan sepatu pada raknya, menyimpan piring kotor ke tempat cuci piring, melatih membereskan tempat tidur dan menjaga kebersihan kamar tidurnya. Pada awalnya pasti sangat sulit untuk melatih dan membiasakan anak-anak tapi seiring berjalannya waktu, ini akan menjadi habit. Di akhir pekan ketika anak anak mendapatkan libur sekolah, mereka bisa menjadi tim kebersihan untuk bersama sama membersihkan rumah secara keseluruhan, tapi tentunya setiap orang memiliki porsi yang berbeda sesuai kemampuannya.

6.     Lakukan 15 menit bersih-bersih cepat di malam hari

Buatlah aktifitas ini sebagai aktifitas rutin dimalam hari untuk membersihkan ruang makan, membereskan area yang mudah kotor dengan vacuum cleaner ataupun manual, menyiapkan cucian untuk dikerjakan besok. Waktu yang dipergunakan tidak boleh lebih dari 15 menit dan anda harus mematuhi aturan 15 menit bersih-bersih ini.

7.     Alat-alat kebersihan dan material minimal harus tersedia

Alat-alat kebersihan seperti sapu, lap pel bergagang, ember, alat-alat pembersih kamar mandi dan toilet beserta detergennya. Diusahakan selalu tersedia pada tempatnya sehingga dapat memudahkan anda ketika melakukan kegiatan bersih-bersih rutin di rumah. Lebih baik menggunakan color coding atau kode warna untuk alat-alat kebersihan di rumah anda, sehingga tidak akan tertukar antara alat kebersihan mana untuk toilet atau dapur atau ruangan-ruangan yang dianggap bersih dirumah.

8.     Ketika meninggalkan ruangan, tangan anda jangan pernah kosong

Ketika melewati ruangan atau keluar dari suatu ruangan ke ruangan lain, biasakan untuk merapihkan barang yang tidak benar letaknya, posisinya miring, memungut barang yang tercecer atau kertas atau sampah yang ada di ruangan tersebut dan membuangnya ke tempat sampah istilahnya anda harus lakukan yang namanya  “Clean as you go/bersih-bersih sambil pergi” atau “never leave a room empty handed” dan “Declutter/memindahkan barang-barang yang tidak diperlukan". Jadi tidak ada yang mubazir antara waktu yang tersedia dan menjaga kerapihan dan kebersihan rumah. Apabila kebiasaan ini sudah menjadi bagian keseharian anda, sudah pasti rumah anda akan bersih, sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Demikian delapan tips yang dapat kami himpun semoga bermanfaat bagi anda.

Depo Matrial Tanjungsari Sumedang

Untuk melihat tips yang lain silahkan kunjungi website kami www.depomatrial.com, Face book Fan-page: @depomatrial.tanjungsari, Twitter and Instagram

Source: Dari berbagai sumber online

©2016 Depo Matrial All right reserved   Developed by javwebnet